REJUNO BerMARTABAT ( BERSIH, MAKMUR, ADIL, RAPI, TAAT, AKTIF, BIJAKSANA, AMAN, TANGGUH )

Artikel

KANWIL DJPb JATIM BERIKAN EDUKASI PENGELOLAAN KEUANGAN DESA

23 Maret 2024 21:51:28  Administrator  96 Kali Dibaca  Berita Desa

REJUNO.DESA.ID - Kepala Kantor Wilayah DJPb Jawa Timur, Taukhid melakukan kunjungan di Desa Rejuno,Kecamatan Karangjati, kabupaten Ngawi pada Rabu (20/03). Hal ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memberikan Edukasi pengelolaan Keuangan Desa di 30 kabupaten/kota di wilayah propinsi Jawa timur yang diawali dengan buka puasa bersama. Dalam kesempatan tersebut, mengatakan bahwa pihaknya meneliti dengan seksama APBDes masing-masing desa. Berdasarkan sejumlah indikator penilaian, maka terpilih desa yang berhak mendapat predikat Prespektif Good Governance pengelolaan keuangan Desa . "Kami tidak menilai sebuah desa dari keindahannya, melainkan menilai dari tranparansi pengelolaan keuangan publik," kata Taukhid.   

Penghargaan Desa berpredikat Prospektif Good Governance itu diserahkan kepada Kepala Desa Rejuno, pada Rabu (20/3) bertempat di balai desa Rejuno. penghargaan ini berdasarkan data dari Dinas PMD Kabupaten Ngawi yang memberikan 5 nama Desa dalam konteks terbaik Pemerintah Desa (Good Governance) dalam Pengelolaan Keuangan Desa, dari 5 desa itu kemudian, Kantor Kas Negara Madiun melakukan penilaian kembali sehingga diperoleh 3 desa terbaik dalam hal pengelolaan keuangan desa .

Taukhid berharap desa-desa lainnya berlomba meraih predikat bergengsi dalam hal pengelolaan keuangan itu. "Dengan tata kelola keuangan desa yang baik akan meningkatkan nilai kepercayaan masyarakat sehingga pembangunan di desa dapat berjalan lancar," harapnya. 

Lebih lanjut, Kepala Kanwil DJPb Jawa Timur Taukhid mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung pula edukasi pengelolaan keuangan desa. Upaya itu bertujuan agar pemanfaatan anggaran tidak melanggar peraturan perundang-undangan. "Tugas kami juga menyangkut pelaporan, serapan, dan pembinaan akuntansi keuangan," ungkapnya.

Dalam sesi terakhir sambutannya, Taukhid mengajak diskusi kepada seluruh peserta yang hadir. Disela-sela diskusi menyampaikan sebuah pertanyaan, dan pertanyaannya adalah ada berapa sumber pendapatan desa? spontan pertanyaan tersebut di jawab oleh Moch Nur Salam,sekretaris Desa Rejuno yaitu ada 7 sumber pendapatan desa yakni:

1. Pendapatan Asli Desa;

2. Dana Desa;

3. Alokasi Dana Desa;

4. Bantuan Keuangan;

5. DBHPR;

6. Hibah; dan

7. Lain lain pendapatan Desa yang sah.

Atas jawaban tersebut Taukhid menyampaikan apresiasinya, bahwa selama dalam kunjungannya baru ada 2 desa yang bisa secara langsung dapat menjawab, termasuk Perangkat Desa Rejuno yang dapat menjawab pertanyaannya kali ini, jelasnya.

Diakhir sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih, bahwa kedatangannya tidak hanya disambut oleh pemerintah desa saja melainkan juga semua anggota BPD.

Sementara itu Senung Budiarto,SP.Kepala Desa Rejuno menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dan penghargaan yang diberikan semoga kedepan dapat mempertahan dan memacu Desa Rejuno untuk lebih baik dalam tata kelola keuangan desa,sekaligus menyampaikan permohonan maaf bilamana dalam penyambutan kungan di desanya ada sesuatu yang kurang berkenan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

KEMENTERIAN DESA PPID
PORTAL DATA NGAWI JDIH
SP4AN LAPOR WEBSITE NGAWI

 Statistik

 Agenda

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jl. Raya Rejuno - Karangjati
Desa : Rejuno
Kecamatan : Karangjati
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63284
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:137
    Kemarin:326
    Total Pengunjung:91.707
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.210.151.5
    Browser:Tidak ditemukan