REJUNO BerMARTABAT ( BERSIH, MAKMUR, ADIL, RAPI, TAAT, AKTIF, BIJAKSANA, AMAN, TANGGUH )

Artikel

NYADRAN SEBAGAI WUJUD LESTARIKAN BUDAYA LOKAL DESA

09 Maret 2024 14:07:22  Administrator  117 Kali Dibaca  Berita Desa

REJUNO.DESA.ID -Kementerian Desa PDTT telah memberikan ruang seluas-luasnya kepada desa untuk menggali potensi-potensi desa berbasis kearifan lokal, termasuk salah satunya adalah nyadran.Kegiatan budaya tersebut jangan sampai terkubur oleh perkembangan zaman. UU Desa lahir memberikan ruang bagi kearifan lokal Desa.

Nyadran adalah serangkaian upacara yang dilakukan oleh masyarakat Desa. Nyadran adalah suatu rangkaian budaya yang berupa pembersihan makam leluhur,punden dan petilasan serta tabur bunga, dan puncaknya berupa kenduri selamatan di makam leluhur.

Dalam rangka melestarikan kearifan lokal tersebut pemerintah Resa Rejuno secara regular bersama dengan masyarakat terus melaksanakan adat dan budaya lokal desa yakni nyadran setiap bulan ruwah (ngluru arwah) sekaligus menyongsong datangnya bulan Ramadhan.

"Sementara itu nyadran pada tahun 2024 ini dilaksanakan pada Senin Kliwon (04/03/2024).adapun rangkaian lokasi kegiatan tersebut diawali dari Astono loyo Ki eyang Prawiro Guno, punden asem legi, Astono loyo Ki Krendo Wahono, punden capang dan yang terakhir di Astono loyo Ki Begawan jati Panji."

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Desa, Perangkat Desa, Tokoh adat, Tokoh agama dan seluruh lapisan masyarakat Desa. adapun rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan nyekar (tabur bunga), sambutan dari pemerintah Desa, tahlil dan dilanjutkan dengan kenduri selamatan.

Di sela - sela kegiatan tersebut Kepala Desa menyampaikan bahwa Seluruh aparatur Desa untuk memakai busana lurik dan blangkon sebagai simbul pakaian adat Jawa di masa lalu. nyadran merupakan adat dan budaya lokal desa yang telah berjalan secara turun temurun.oleh karenanya kita selaku generasi penerus wajib untuk terus melestarikannya. dan semoga dengan nyadran ini para ahli waris yang telah mendahului kita diampuni segala dosanya dan diterima amal kebaikannya tatkala masih hidup dahulu,sementara kita yang masih hidup diberikan kesehatan dan umur panjang yang bermanfaat. Kepala Desa juga memohon kepada seluruh warga masyarakat untuk mendoakan seluruh aparatur desa agar dalam menjalankan tugas roda pemerintahan desa senantiasa diberikan petunjuk dan kemudahan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

KEMENTERIAN DESA PPID
PORTAL DATA NGAWI JDIH
SP4AN LAPOR WEBSITE NGAWI

 Statistik

 Agenda

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jl. Raya Rejuno - Karangjati
Desa : Rejuno
Kecamatan : Karangjati
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63284
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:121
    Kemarin:326
    Total Pengunjung:91.691
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.210.151.5
    Browser:Tidak ditemukan